Asal Mula Vespa
Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, perusahaan yang bernama Piaggio ini didirikan di Genoa - Italia tepatnya pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio.
Bisnisnya diawali dari perakitan pesawat terbang dan kapal laut. Namun, di akhir abad Rinaldo juga memproduksi rel + gerbong kereta api, body truck, dan mesin.
Kemudian, pada tahun 1917 tepatnya Perang Dunia ke 1 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa. Dan, 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, mesin dan pesawat).
Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.
Bangkit Kembali
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih pabrik tersebut dari ayahnya Rinaldo Piaggio.
Pada saat itu, perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendesain alat transportasi yang murah dengan memfokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakatnya. Kemudian, bergabunglah Corradino D’Ascanio, beliau adalah Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertama punya Piaggio.
D’Ascanio membuat rancangan yang simple, ekonomis, nyaman dan juga elegan. Ia memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya, sebuah design yg terinspirasi dari pesawat tersebut sampai saat ini menjadi ciri khas dan yang membedakan dengan kendaraan lain.
Bangkit Kembali
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih pabrik tersebut dari ayahnya Rinaldo Piaggio.
Pada saat itu, perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendesain alat transportasi yang murah dengan memfokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakatnya. Kemudian, bergabunglah Corradino D’Ascanio, beliau adalah Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertama punya Piaggio.
D’Ascanio membuat rancangan yang simple, ekonomis, nyaman dan juga elegan. Ia memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya, sebuah design yg terinspirasi dari pesawat tersebut sampai saat ini menjadi ciri khas dan yang membedakan dengan kendaraan lain.